WEB BLOG
this site the web

Modul Tutorial GIS (ArcView dan ArcGIS)

Modul Tutorial GISDalam dunia mapping siapa sih yang tidak kenal dengan ArcView ataupun ArcGIS, rata-rata teman-teman yang pernah berkecimpung di bidang Sistem Informasi Geografi (GIS) pasti pernah mencicipi kedua aplikasi SIG tersebut. Paling tidak, melihat tampilan aplikasi ini sekilas saja, pasti sudah pernah bukan…??.

Dua aplikasi GIS produksi ESRI ini memang memiliki fitur-fitur yang komplit, mulai dari edit, tambah, hapus data spasial ataupun data atributnya sampai dengan tahapan analisa berbasiskan keruangan dan pemodelan permukaan bumi secara digital. Tentunya kita harus merogoh kocek yang cukup mahal untuk mempergunakan kedua produk ESRI ini secara legal, apalagi untuk aplikasi ArcGIS 9.3 wah…pasti harganya membumbung tinggi, dan saya yakin saya tidak akan mampu membelinya.

Akan tetapi tidaklah menutup kemungkinan bagi kita untuk mempergunakan aplikasi GIS secara legal dan opensource tentunya, selain mempergunakan produk dari ESRI. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi GIS opensource yang hadir di lingkungan Sistem Operasi Windows, beberapa aplikasi GIS opensource yang terus berbenah dan dikembangkan antara lain : Grass, QGIS, dan MapWindow.

Kembali tentang modul tutorial GIS, tim dari “GIS Consortium” yang sekarang telah berubah menjadi Yayasan pelaGIS telah menyusun Modul ArcGIS 9.1 edisi bahasa Indonesia, modul ini sebelumnya sudah di publikasikan di milis rsgisforum-net@yahoogroups.com, untuk mengunduh source asli silahkan mengunjungi link ini : Manual ArcGIS Aceh-Nias GIS Consortium Hires.pdf.

Untuk mirror download silahkan diunduh di sini :
Modul Tutorial ArcGIS (PDF-mirror 1) (4215)
Modul Tutorial ArcGIS (PDF-mirror 2) (2606)

Versi sebelumnya bisa diunduh di sini.

Sedangkan untuk modul tutorial ArcView GIS yang pernah disusun oleh tim dari CIFOR (Center for International Forestry Research), silahkan di unduh di sini :
SIG part 1 (PDF) (3557)
SIG part 2 (PDF) (2397)
SIG part 3 (PDF) (2154)
SIG part 4 (PDF) (1802)
SIG part 5 (PDF) (1998)
Pelatihan SIG Tingkat Lanjut (PDF) (3600)

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies